MATERI TIK KELAS XII

Sugeng Rawuh Ing Blog Siska




Sabtu, 18 Februari 2012

Materi Tik Kelas XI

Materi Kelas XI

Membuat Link Seluruh File Di Komputer Kita Dengan Excel

Sering di komputer, kita menyimpan banyak sekali file, namun dalam giliran file itu akan digunakan, ternyata kita kesulitan mencari dimana file tersebut berada. Ini juga berlaku untuk saya, yang sangat suka menyimpan file lagu mp3 dan file e-book. Dalam satu bulan, ebook yang berhasil saya download bisa sampai 20GB.Namun, karena tidak mempunyai manajemen penyimpanan file yang baik, ebook2 tadi susah dicari tempatnya, terutama karena begitu download, tidak langsung dipilah-pilah berdasarkan isinya.
Lebih lucu lagi, file mp3, yang sebenarnya saya tidak terlalu sering mendengarkan lagu, namum mempunyai koleksi lagi ribuan judul. Mau dihapus, rasanya masih sayang. Padahal, paling-paling yang sering diputar ya lagu itu2 saja. Sampai istri bilang bosan mendengarkan lagu saya, karena saya terus memutar lagu Michael Jackson tiap kali menghidupkan komputer rumah.. hehehehe….
Nah, saya membayangkan seandainya saya mempunyai file daftar seluruh lagu maupun mp3 yang ada di komputer saya, yang bisa dengan mudah dapat dicari apabila diperlukan, dan dengan sekali klik, file tersebut langsung bisa dibuka. Setelah berpikir beberapa saat, tiba-tiba.. tuiiing… muncul ide untuk membuat daftar file tersebut di Excel, dimana Excel juga mempunyai fasilitas search.
Saya telah membuat program didalam Excel yang dapat melist dan membuat hyperlinknya secara otomatis. Dengan demikian, apabila kita ingin menuju file tertentu, maka tinggal sekali klik, dan file yang dimaksud akan terbuka. Demikian juga bila kita ingin menuju folder dimana file tersebut berada, tinggal sekali klik, maka folder tersebut terbuka secara otomatis.
Untuk mendapatkan file ini, silahkan mendownload disini:
•    Link.xlsm (Excel 2007)
•    link.xls (Excel 2003)
File yang bisa dibuat linknya tidak terbatas pdf atau mp3 saja, anda bisa me-link seluruh file bila menginginkannya. Atau untuk tipe2 file yang lain, seperti misalnya koleksi film (.avi, .dat), koleksi file kerja (.doc, .xls, .ppt). Pokoknya semua file..
Alat yang diperlukan :
1. Total Commander, yang versi terakhir (7.56a – saat tulisan ini dibuat), bisa didownload gratis di www.ghisler.com/download.htm
gunanya, adalah untuk mengetahui seluruh alamat file di komputer kita, dan kemudian menyimpannya di sebuah file text
2. MS Excel, 2003/2007. saya pakai 2003
Untuk penggunaanya, sebagai berikut:
1.    Pertama buka Total Commander, lalu arahkan cursor ke menu Command/Search (atau Alt+F7)
2.    Kemudian Cari semua file yang anda inginkan, semisal *.pdf

3. Selanjutnya, tekan Feed To Listbox
4. Pilih Menu Mark/Select All; Lalu pilih Menu Mark/Save Selection to File
5. Namai file anda dengan ekstensi txt, semisal Pdflink.txt
6. Selanjutnya buka file link.xls(atau link.xlsm), dan klik tombol Buka File TXT
7. Arahkan dialog box  ke file txt yang telah anda buat tadi, misalkan pdflink.txt
8. Selanjutnya proses akan berjalan secara otomatis, hasilnya dapat anda lihat di kolom A1 (dalam kasus tertentu, Msgbox tidak berjalan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar